Ibadah Doa Surabaya, 1 Oktober 2014 (Rabu Sore)
[reload halaman ini - auto reload 5 menit]

Salam sejahtera dalam kasih sayangnya Tuhan kita Yesus Kristus. Selamat malam, selamat mendengarkan Firman Tuhan. Biarlah damai sejahtera, kasih karunia dan bahagia dari Tuhan senantiasa dilimpahkan di tengah-tengah kita sekalian.

Kita masih berada dalam kitab Wahyu 2-3.
Dalam susunan Tabernakel, ini menunjuk tentang tujuh kali percikkan darah di depan Tabut Perjanjian.
Ini sama dengan tujuh surat yang ditujukan kepada tujuh sidang jemaat bangsa kafir = penyucian terakhir yang dilakukan oleh Tuhan kepada tujuh sidang jemaat bangsa kafir (sidang jemaat akhir zaman) supaya sidang jemaat bangsa kafir menjadi sempurna, tidak bercacat cela seperti Yesus dan menjadi mempelai wanita Surga yang siap menyambut kedatangan Yesus kedua kali di awan-awan yang permai, bertemu dengan Yesus Mempelai Pria Surga untuk selama-lamanya.

Ada tujuh sidang jemaat bangsa kafir yang mengalami percikkan darah:

  1. sidang jemaat EFESUS (Wahyu 2: 1-7) (sudah diterangkan mulai dari Ibadah Raya Surabaya, 27 Juli 2014 sampai Ibadah Raya Surabaya, 07 September 2014). Sidang jemaat Efesus harus kembali pada kasih mula-mula supaya bisa kembali ke Firdaus.




  2. sidang jemaat di SMIRNA (Wahyu 2: 8-11) (diterangkan mulai dari Ibadah Raya Surabaya, 14 September 2014).


Malam ini kita masih berada di Wahyu 2:9
SIDANG JEMAAT di SMIRNA

Wahyu 2: 9

2:9 Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu -- namun engkau kaya -- dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis.

Keadaaan sidang jemaat Smirna adalah dalam keksusahan, kemiskinan, fitnahan oleh jemaah Iblis = dalam penderitaan secara jasmani, namun kaya secara rohani.
Kita bandingkan dengan
2 Korintus 8:2-5

Keadaan sidang jemaat Smirna = keadaan sidang jemat Makedonia, dalam kesengsaraan namun kaya secara rohani/kaya dalam kemurahan, artinya bisa memberi.

1 Timotius 6:17-19

Peringatan bagi orang kaya secara jasmani, supaya juga kaya dalam kemurahan = bisa memberi.

Jadi bisa disimpulkan kaya dalam kemurahan/bisa memberi tidak bergantung kepada kekayaan secara jasmani/kemiskinan secara jasmani, tapi tergantung pada hati yang suci yaitu hati tidak tergantung pada harta di Dunia.
Kalau kita sudah bisa mengalami penyucian hati maka kita pasti akan lebih bahagia memberi daripada menerima. Saat kita memberi adalah saat kita menikmati harta rohani.
(ayat 19) ==> memberi = menabung/mengumpulkan harta di Surga.

Praktek kaya dalam kemurahan :

  1. a. Memberi untuk pekerjaan Tuhan.
    Yaitu kita menyerahkan seluruh waktu, tenaga, pikiran, kemampuan/keahlian kita, sampai menyerahkan harta kita dan sampai bisa memberi untuk sesama yang membutuhkan.
    Ini disebut dengan persembahan khusus yaitu sesuai dengan kerelaan hati masing-masing (tidak bisa dibatasi dan dipaksa).

    b. Mengembalikan perpuluhan milik Tuhan.
    Perpuluhan sesuai dengan kebenaran

    c. Memberi seluruh kehidupan kita kepada Tuhan lewat doa penyembahan, inilah puncaknya.
    Filipi 4:16-18

    Jadi kalau kita hamba Tuhan/pelayan Tuhan bisa memberi kepada Tuhan secara jasmani sampai puncaknya memberi seluruh hidupnya, maka kehidupan itu sudah menghasilkan buah-buah rohani yang berkenan kepada Tuhan = membawa persembahan yang berbau harum di hadapan Tuhan.
    Lukas 6:38

    Memberi adalah salah satu yang diukur oleh Tuhan, begitu juga dengan menghakimi orang lain juga diukur oleh Tuhan.
    Berilah maka kamu akan diberi , artinya jika kita kaya dalam kemurahan/bisa memberi persembahan berbau harum, maka Tuhan juga berkemurahan untuk memberikan sesuatu kepada kita yang tidak bisa dieelakkan.
    Kita harus berbuah, jangan hanya berdaun!Bahaya!
    Hasilnya :

  • Filipi 4:9

    Tuhan memenuhi segala keperluan kita, menurut kekayaan dan kemuliaanNya, artinya Tuhan mampu memelihara kehidupan kita ditengah dunia yang sudah sulit ini, bahkan yang sudah mendekati kemustahilan dan Tuhan memberi masa depan yang indah dan berhasil kepada kita semua, sampai pemeliharaan dan perlindungan Tuhan sampai jaman anti kris 3 1/2 tahun.

  • Filipi 4:7

    Kita mendapat keuntungan yang semakin membesar, yaitu keuntungan mendapat dua sayap burung nasar yang besar, yang akan menyingkirkan kita kepada padang gurun , jauh dari anti kris dan kita dipelihara lewat manna/Firman Allah.

  1. Efesus 4:8-12

    Yesus harus mati di kayu salib untuk memberi kita jabatan pelayanan dan karunia Roh Kudus sehingga kita dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus yang sempurna (mempelai wanita Surga)

    Mengapa kita harus dipakai dalam pelayanan pembangunan tubuh Kristus? Yaitu supaya kita tidak masukkegerakan pembangunan tubuh Babel (mempelai wanita antikris yang hanya akan dibinasakan).

    Bagaimana caraTuhan memberi jabatan dan karunia?
    1 Timotius 4:14

    Yaitu lewat pembukaan Firman Allah dan lewat penumpangan tangan seorang gembala.
    Bagi yang sudah menerima jabatan dan karunia (sudah ditumpangi tangan) jangan sampai lalai (melayani dengan tidak suci, tidak setia, tidak benar) maka kehidupan itu berada dalam kutukan.
    Oleh sebab itu biarlah kita melayani Tuhan dengan kesucian, setia, dan berkobar-kobar sampai garis akhir yaitu sampai meninggal dunia/sampai kedatangan tuhan kedua kali.
    Pelayan Tuhan yang suci, setia, dan berkobar = pelayan Tuhan yang bagaikan nyala api.
    Ibrani 1:7

    Daniel 7:9
    tahta Tuhan bagaikan nyala.
    Jadi jika digabungkan pelayan Tuhan bagaikan tahta Tuhan.

    Setiap kita melayani Tuhan harus menampilkan tahta Tuhan supaya sidang jemaat dan kita bisa merasakan hadirat Tuhan sebagai imam besar berada ditengah kita, kita merasa urapan Roh Kudus, sehingga kita bisa gemar berada di rumah Tuhan.
    Celaka kalau yang ditampilkan adalah tahta setan, jemaat akan bercerai-berai dan berada dalam kesusahan.

  2. Lukas 11:13

    Berilah maka kamu akan diberi, sehingga Tuhan akan memberikan Roh Kudus kepada kita.
    Mengapa kita memerlukan Roh Kudus?
    Yohanes 14:16-18

    sebab tanpa Roh Kudus hamba Tuhan/pelayan Tuhan hanya seperti yatim piatu.
    Yatim piatu artinya

  • kehilangan status sebagai anak Allah

  • tidak berdaya, tidak bisa berharap siapa-siapa sehingga mudah putus asa dan kecewa

  • tidak tau asal usulnya seperti tidak pernah dilahirkan, artinya tidak mengalami kelahiran kembali dari manusia daging yang hanya akan dicap 666.

Kegunaan Roh Kudus yaitu

  • Roh kudus memberi kekuatan ekstra kepada kita sehingga kita tidak kecewa dan putus asa,kita tetap kuat dalam menghadapi apapun juga, kita tetap mengikut dan melayani Dia sampai Tuhan datang.

  • Titus 3:5

    Roh Kudus membaharui kita, dimulai dari taat dengar-dengaran kembali pada status anak Allah.
    Kalau Roh Kudus menjadikan kita kembali menjadi anak Allah (mujizat terbesar secara rohani), maka mujizat yang jasmani juga pasti akan terjadi yang mustahil menjadi tidak mustahil.
    Sampai saat kedatangan Yesus kedua kali kita diubahkan menjadi sempurna seperti Dia, terangkat bersama dengan Dia diawan-awan yang permai sampaikita bisa masuk kerajaan Surga.

Tuhan memberkati.